Berada di utara dan berseberangan dengan Malaysia, Kabupaten Nunukan di pulau Nunukan memiliki infrastruktur pembangunan yang unik. Kantor-kantor pusat tidak berada dalam satu kawasan pusat kota, tetapi disebar ke berbagai titik untuk menumbuhkan perekonomian secara merata.

Salah satu pembangunan unik di Nunukan adalah pembangunan Islamic Center yang berada di tepi pulau (pantai). Bangunan yang gagah ini bisa nampak dari Malaysia.

Bangunan masjid ini juga termasuk bangunan utama dalam wilayah komplek ini sekaligus sebagai masjid yang mampu menampung hingga 800 jamaah sekaligus. Masjid ini juga tidak hanya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk beribadah saja. Melainkan juga untuk tempat belajar mendalami agama islam maupun aktivitas keagamaan lainnya.

Bangunan masjid ini memiliki satu kubah induk dengan 4 menara pendampingnya. Pada setiap menara juga dibuat kubah kecil yang dipasang dibagian puncak masing masing menara Terlihat sangat kokoh kubah induknya yang menjadikan bangunan kubah dengan masjid tampak sangat serasi.

Kemegahan interior masjid ini juga sangat tampak dengan adanya hiasan baik berupa lampu gantung maupun bahan material yang digunakan dalam masjid ini. Selain itu kemegahan eksterior nya juga tampak pada adanya tiang lampu antik yang sangat indah.

Dan dalam proyek Islamic Center, Putra Sari Logam ikut andil dalam pengadaan tiang lampu masjidnya. Tiang lampu dirancang ala ornamental arab timur tengah dengan tiang yang tinggi untuk menyebarkan cahaya secara luas mengingat area luar Islamic Center Nunukan sangat luas pula. Material tiang lampu juga khusus agar tahan terhadap korosif karena angin laut yang lembab (uap garam).