Seperti yang kita ketahui, besi dan baja telah banyak dimanfaatkan untuk alat pendirian suatu bangunan dan tak jarang digunakan sebagai pembuatan struktur rancangan hunian serta pelengkap-pelangkapnya.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) besi merupakan logam yang keras dan kuat serta banyak sekali gunanya (sebagai bahan pembuat senjata, mesin, dan sebagainya). Sedangkan baja adalah logam paduan yang keras.

Meskipun besi dan baja selama ini sudah akrab ditelinga kita, namun tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui apa perbedaan besi dan baja ini. Masih banyak orang awam yang menganggap keduanya sama karena memang besi dan baja mempunyai wujud yang sangat mirip.

Lalu apa perbedaan besi dan baja?

Bahan Baku
Besi merupakan material alami yang terbuat dari unsur Fe (Ferrum) lalu diolah sedemikian rupa menjadi besi kasar hingga besi tuang. Sedangkan baja adalah material buatan yang terbuat dari paduan besi dan berbagai unsur lain, seperti karbon, fosfor, sulfur, serta sebagian kecil aluminium, nitrogen, dan, oksigen

Kekuatan dan kekokohan
Kekuatan material baja lebih besar dibandingkan besi. Bahkan baja diklaim lebih kuat hingga 1000 kali daripada besi murni. Kekuatan baja ini tak terlepas dengan adanya unsur-unsur penguat tambahan dalam pembuatan baja.

Kekerasan dan kekuatan tarik
Unsur karbon sangat berpengaruh terhadap tingkat kekerasan dan kekuatan tarik suatu material. Semakin besar kandungan karbon pada suatu material, maka semakin besar pula tingkat kekerasan dan kekuatan tariknya. Presentase kadar karbon pada besi sendiri berkisar antara 2-4%, sedangkan kadar karbon pada baja hanya berkisar 0,2-2,1%. Jadi besi memiliki kekerasan dan kekuatan tarik yang lebih baik daripada baja.

Kelenturan / elastisitas
Secara umum, material besi lebih bersifat elastis daripada baja. Hal ini dipengaruhi oleh karakteristik getas (brittle) dan keuletan (ducitility) yang dimiliki masing-masing material tersebut.

Demikianlah sedikit informasi mengenai perbedaan besi dengan baja. Perbedaan karakterisik keduanya ini membuat spesifikasi penggunaannya juga berbeda. Walaupun demikian, pemilihan kebutuhan produk besi dan baja tetap harus yang memiliki kualitas tinggi.

Putra sari logam merupakan perusahaan yang sudah berpengalaman dibidang pengecoran logam. Sehingga cocok untuk menjadi solusi bagi Anda yang sedang mencari atau memiliki kebutuhan perabot/peralatan berbahan besi maupun baja dengan kualitas terjamin, hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan beragam promo menariknya.

Tim PSL

Author Tim PSL

More posts by Tim PSL

Leave a Reply