Di dalam dunia olahraga khususnya dalam dunia kebugaran atau fitnes tentu kita sudah tidak asing lagi jika mendengar istilah barbel dan dumbel. Barbel dan dumbel merupakan salah satu alat berbahan dasar besi dan baja yang sering kita jumpai di tempat kebugaran atau gym dan dapat kita temukan di beberapa toko perlengkapan olahraga.

Barbel dan dumbel sendiri berfungsi memberikan kontraksi dan penekanan pada otot sehingga otot dapat tumbuh seiring dengan semakin beratnya beban yang digunakan dalam setiap gerakan latihan. Selain itu, gerakan latihan menggunakan barbel dan dumbel yang sering disebut angkat beban ini terbukti bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Memang kedua alat pendukung inilah yang paling populer dalam kegiatan latihan angkat beban. Tetapi pada umumnya, sebagian besar dari kita lebih akrab dengan istilah barbel daripada dengan dumbel. Benar bukan? Dan masih banyak orang yang sering keliru dalam menyebutkan antara mana yang disebut barbel dan mana yang disebut dumbel. Hal ini dikarenakan barbel dan dumbel memiliki bentuk yang hampir mirip.

Jika keduanya merupakan alat yang berbeda, lantas apa perbedaan antara barbel dengan dumbel ini?

Barbel

Merupakan alat berbentuk tongkat besi dimana masing-masing ujungnya dilengkapi dengan piringan beban atau biasa disebut plate. Plate yang terbuat dari baja ini berfungsi sebagai pemberat dan bisa ditambah jumlahnya sesuai dengan keinginan. Semakin banyak plate yang dipasang, semakin besar pula tekanan pada otot sehingga otot dapat tumbuh lebih cepat.

Melihat ukuran barbel yang cukup besar dan panjang, maka kita harus  menggunakan kedua tangan untuk bisa mengangkatnya. Bentuk gerakan latihan menggunakan barbel seperti mengangkat barbel lurus keatas, kemudian menurunkannya. Gerakan ini tentu dilakukan dengan teknik yang terkendali. Berlatih dengan menggunakan barbel, bukan hanya dapat melatih kekuatan otot tangan, tetapi juga dapat melatih keseimbangan bagian tubuh.

Dumbel

Alat ini bisa disebut sebagai versi kecil dari barbel, dikarenakan dumbel hanya memiliki ukuran panjang maksimal sejengkal tangan saja. Berbeda dengan barbel yang harus menggunakan kedua tangan dalam menggunakannya, kita cukup menggunakan satu tangan untuk melakukan gerakan angkat beban dengan dumbel. Ya, karena memang dumbel memiliki ukuran yang lebih pendek dan berbobot lebih ringan daripada barbel. Bentuk latihan mengangkat barbel bisa dipadukan dengan gerakan seperti lateral raise dan fly agar hasilnya lebih maksimal.

Nah, demikian ulasan mengenai perbedaan barbel dan dumbel. Jika Anda memiliki keinginan untuk memiliki alat-alat tersebut, Putra Sari Logam merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya kami dapat membuat alat-alat fitnes seperti barbel maupun dumbel yang bisa disesuaikan dengan ukuran dan merek pilihan Anda.