Pagar merupakan salah satu bagian pelengkap dari sebuah rumah yang diciptakan untuk melindungi rumah dari gangguan di luar lingkungan. Selain itu, pagar rumah juga dijadikan sebagai pembatas antara rumah satu dengan rumah yang lain sehingga batas antara luas tanah akan terlihat jelas.

Namun dengan berkembangnya inovasi di dunia properti, pagar rumah bukan hanya berfungsi sebagai pelindung maupun pembatas saja. Tetapi kini pagar rumah menjadi bagian yang memberikan fungsi estetika pada rumah itu sendiri.

Pagar rumah klasik atau biasa disebut pagar antik merupakan salah satu bentuk inovasi pagar rumah yang memiliki nilai estetika tinggi. Pagar jenis ini terbuat dari besi cor ataupun aluminium cor.

Lalu bagaimanakah karakteristik dari pagar antik itu sendiri?

Ya, pertanyaan itu sering muncul saat sebelum menjadikan pagar antik sebagai pagar rumah. Dan berikut ini beberapa karakterisik pagar antik yang perlu Anda ketahui.

  1. Memberikan nuansa klasik yang dapat mengingatkan Anda akan zaman dahulu, atau seperti model kastik, istana, dan kerajaan.
  2. Memiliki banyak ornamen yang detail.
  3. Banyak memiliki desain melengkung yang memberi kesan megah.

Pagar antik ini biasanya menjadi pagar untuk rumah yang memiliki desain klasik, vintage, dan rumah mewah. Tetapi bagi Anda yang memiliki gaya rumah berbeda dari yang telah disebutkan, misalnya rumah gaya modern dan minimalis, Anda tetap bisa memilih pagar antik sebagai pagar rumah. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pagar antik agar rumah Anda yang bergaya modern atau minimalis bisa menyatu dan serasi dengan pagar antik. Hal-hal tersebut diantaranya seperti:

  1. Memberi ornamen hanya dibagian tertentu pagar saja, misal di bagian tengah pagar, atau di sudut-sudutnya saja. Ini akan membuat pagar tidak terlalu memberikan kesan berlebihan dan juga tidak terlihat terlalu sederhana.
  2. Pilih desain ornamen yang minimalis dan lebih abstrak, seperti motif sulur.
  3. Buat ukuran ornamen yang tidak terlalu besar.
  4. Pilih warna yang netral dan tidak mencolok.

Demikian beberapa ulasan mengenai pagar antik yang dapat menjadi pilihan untuk pagar rumah. Jika Anda tertarik dengan nilai estetika yang dimiliki pagar antik ini, hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran pembuatan pagar antik untuk rumah Anda. Dari mulai rumah bergaya klasik hingga modern, semua bisa kami sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan untuk mendapatkan hasil pagar antik yang berkualitas dan serasi dengan rumah Anda.