Lampu Antik Puro Mangkunegara

Istana Mangkunegaran adalah istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran dan tempat kediaman para penguasanya (Sampéyan Ingkang Jumeneng). Bangunan ini berada di Surakarta. Istana ini mulai dibangun pada tahun 1757 oleh Mangkunegara I dengan mengikuti model keraton.

Secara arsitektur kompleks bangunannya memiliki bagian-bagian yang menyerupai keraton, seperti memiliki pamédanpendapapringgitandalem, dan keputrèn. Seluruh kompleks dikelilingi oleh tembok, hanya bagian pamédan yang diberi pagar besi.

Pura ini dibangun setelah Perjanjian Salatiga yang mengawali pendirian Praja Mangkunegaran ditandatangani oleh kelompok Raden Mas Said, Pangeran Mangkubumi (Sultan Hamengkubuwana I), Sunan Pakubuwana III, dan VOC pada tahun 1757. Pangeran Sambernyawa, julukan bagi Raden Mas Said, diangkat menjadi “Pangeran Adipati” bergelar Mangkunegara I.

Sebagaimana bangunan utama di Keraton Surakarta dan Keraton Yogyakarta, Istana Mangkunegaran mengalami beberapa perubahan.

Mangkunegara ini terletak di tengah kota Surakarta guys, sudah berkembang pesat apalagi di alun-alunnya yang terletak di selatan keraton Surakarta. Sudah tidak seperti 20 tahun yang lalu, kini diberbagai taman, jalan raya kota Purwodadi memiliki berbagai fasilitas dan direhab secara baik oleh pemerintah daerah. Seperti tempat sampah, tiang lampu, papan arah jalan, bollard sebagai pembatas jalan dll.

Kini di taman Mangkunegara sudah di hias dengan begitu bvanyak lampu antik guys. Dengan adanya hal ini, kini pemerintah kota Surakarta memfasilitasi tiang lampu ini sebagai penerang di area maupun halaman Puro Mangkunegara. Hal ini dibuat untuk menjamin keamaan masyarakat maupun oarang yang berkunjung ke Puro Mangkunegara.

Tentu tiang lampu antik ini menjadi fasilitas yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Surakarta guys. Tidak hanya terletak disetiap jalan raya, tiang lampu ini biasanya juga sering kita jumpai di gang-gang rumah.

Dijaman yang semakin maju ini, Pemerintah kota Surakarta berharap masyarakat dapat menjaga apa yang sudah diberikan sebagai fasilitas, pemerintah kota Surakarta juga berharap dengan adanya hal ini masyarakat maupun orang yang berkunjung ke Puro Mangkunegara terjamin keamanannya dengan tiang lampu sebagai penerang ini.

Karena hal itu, pemerintahan kota Surakarta kini menjalin kerjasama dengan putra sari logam sebagai tempat pembuat tiang lampu antik ini guys. pemerintah kota Surakarta menjalin kerjasama dengan gudanglampuku yang tidak lain adalah putra sari logam, yang dipercaya sebagai tempat untuk membuat tiang lampu antik ini.

Jadi guys kalian gak usah bingung-bingung jika ingin memesan tiang lampu antik ini untuk kota kalian, yuk langsung saja order diputra sari logam yang pastinya berkualitas oke dan terjamin keakuratannya.

CONTACT

Batur Baru, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465

T : (0272) 551480 P : 0813 9300 6025 E : marketing@putrasarilogam.com

See you guys