Menikmati hidangan selagi panas memang terasa lebih lezat. Apalagi jika hidangan itu bisa tetap terasa panas hingga suapan terakhir. Steak merupakan salah satu makanan yang termasuk dalam hidangan lezat dan “wajib” disantap saat hidangan masih panas. Maka seperti yang telah kita ketahui, cara penyajiannya pun berbeda dari hidangan lain. Yaitu dengan sebuah wadah khusus berbahan utama besi/baja yang mampu menjaga suhu daging agar tetap panas. Wadah ini biasa kita sebut dengan Hot Plate.

Hot plate ini memiliki 3 bagian yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Bagian pertama, ialah bagian yang terbuat dari besi/baja sebagai tempat meletakkan hidangan. Kedua, nampan kayu yang berada di bawah piringan besi yang berguna sebagai dudukan atau alas untuk menghindari panas. Dan yang terakhir yaitu pengungkit yang berfungsi sebagai alat untuk mengangkat piring besi/baja yang telah dipanaskan.

Setelah mengetahui fungsi dan bagian-bagian dari hot plate, tidak sedikit timbul pertanyaan bagaimana cara merawat hot plate dengan baik dan benar. Mengingat wadah ini terbuat dari logam yang tentunya memerlukan perawatan khusus.

Ya benar, memang ada teknik tersendiri dalam merawat hot plate ini. Mari simak ulasan berikut ini agar hot plate bisa tetap awet.

  • Setelah digunakan dalam penyajian hidangan, hot plate sebaiknya direndam atau disiram menggunakan air hangat terlebih dahulu.
  • Kemudian digosok dengan sikat halus untuk menghilangkan lemak. Jangan sesekali menggunakan sikat kawat karena dapat merusak lapisan piring besi/baja.
  • Setelah dicuci, bilas dengan air bersih dan tiriskan dengan posisi miring dan seka dengan lap agar cepat kering.
  • Jika perlu, panaskan sebentar untuk memastikan air benar-benar telah hilang dari hot plate. Air yang masih tersisa inilah yang akan menyebabkan wadah berkarat.
  • Selain itu, mengoleskan mentega maupun minyak goreng juga cukup manjur dalam mencegah karat pada wadah ini.
  • Dan yang terakhir yaitu simpan hot plate pada posisi miring di tempat kering dalam suhu ruangan.

Penggunaan hot plate kini semakin banyak. Bukan hanya untuk menyajikan steak, di beberapa tempat makan pun banyak yang menyajikan olahan nasi, mie, sayuran, hingga desert dengan menggunakan hot plate. Karena memang selain menjaga hidangan agar tetap panas, penampilan hidangan pun juga menjadi lebih menarik dan terlihat lebih bergengsi.

Jika Anda tertarik untuk memiliki dan menggunakan hot plate sebagai alat penyajian hidangan, Putra Sari Logam menjadi sebuah jawaban yang mampu menjawab semua tentang kebutuhan hot plate Anda. Dari mulai desain, bentuk, dan konsep bisa didiskusikan bersama.

Tim PSL

Author Tim PSL

More posts by Tim PSL

Leave a Reply